Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Panjenengan punya usaha atau unit bisnis, Monggo saya kasih space untuk berbagi iklan. Tidak ada tarip, Hanya ngisi kotak infaq aja, itupun sa ikhlase mawon. Jika Infaq jenengan kami rasa lebih, Insyaallah akan kita bantu dengan Facebook Adds. Jika infaq panjenengan kami rasa sangat banyak Insyaallah usaha panjenengan akan kami bantu dengan google adds.Hubungi nomer HP Kulo. 088216084858, Sampun saget WA. Matursuwun. Wasalamualaikum.

Buruh dan petani kopi Indonesia

Entah Kapan pertama kali hari buruh ini dicetuskan. Hari buruh menurut wikipedia di peringati setiap tanggal 1 mei di luar negeri dikenal dengan may day. Pada dasarnya hari buruh ini diperingati untuk merayakan kemenangan dan keberhasilan serta tingkat kemajuan ekonomi buruh. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terutama di Indonesia justru sebaliknya. Hari buruh diperingati justru untuk merayakan kesulitan dan kesengsaraan buruh.

Tidak ada data yang pasti berapa jumlah buruh di Indonesia akan tetapi Badan pusat statistik mencatat bahwa pada bulan April 2017  upah buruh tani (bukan petani) mengalami kenaikan 0,42% dibandingkan pada bulan februari 2017, yaitu dari Rp49.268. menjadi Rp49.473. Sementara upah buruh bangunan (Tukang) mengalami kenaikan 0,52% dari Rp.83.637 menjadi 83.724.

Di sini sangat jelas terlihat perbedaan yang sangat mencolok antara buruh tani dan buruh bangunan, Kita mungkin akan mengira semestinya di negara agraris seperti indonesia buruh tani lah yang memiliki upah paling tinggi, akan tetapi justru sebaliknya buruh bangunan lah yang memiliki upah paling tinggi.




Berbicara masalah kelas buruh tentulah sangat luas mulai dari buruh tani, buruh bangunan juga buruh pabrik, dan pastinya juga jumlahnya akan sangat besar sekali. Pada tahun 2016 BPS mencatat ada kenaikan pengangguran pada bulan februari 2016 pengangguran mencapai 5,51% dan melonjak menjadi 5,61% pada bulan November 2017. Ini menandakan bahwa penyerapan tenaga kerja tidak berhasil.

Jika buruh dan buruh tani yang memiliki pekerjaan saja sering mengeluh tentang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka bagaimana dengan mereka yang 5,61%. Bagaimana mereka hidup. 5,61% bukanlah jumlah yang sedikit bila kita ambil dari 250 juta penduduk indonesia. Kehidupan mereka harus segera di pikirkan pemerintah dan para pengambil kebijakan. Sementara penduduk miskin di Indonesia mencapai 10% pada tahun 2016.

Baca juga artikel:

Nasib petani kopi

Mari kita lihat lebih khusus dari tema kali ini. Berbicara masalah buruh dan petani tentu kita tidak akan bisa lepasa dari para buruh petani kopi. Jika pada data di tulisan sebelumnya petani kopi di Indonesia mencapai 2 jutaan maka bila di jadikan satu dengan para buruh petaninya maka jumlah menjadi lebih banyak. anggap saja 1 juta dari 2 juta petani kopi itu memiliki 3 orang buruh tani maka jumlahnya akan menjadi 5 juta. Ada 5 juta orang di Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari pertanian kopi.

Jumlah ini akan semakin membesar jika kopi ini terus di proses memasuki pabrik dan industri besar lainnya. Di sini bukan buruh tani kopi saja yang terlibat akan tetapi buruh pabrik kopi juga akan banyak terlibat. Tentu buruh pabrik yang bekerja mengolah kopi itu tidak akan sebanyak para petani dan buruh tani kopi di sentral pertanian kopi. Akan tetapi jumlah mereka cukup membantu mengurangi pengangguran.

Pada peringatan hari buruh ini tentu kita berharap kesejahteraan buruh dan tentunya petani akan semakin membaik dan memberi sumbangan besar bagi negara ini. Petani dan buruh tani kopi serta buruh-buruh yang bekerja di pabrik-pabrik yang mengolah kopi merupakan bagian kecil saja dari puluhan juta para buruh dan petani yang ada di negara ini. Kehidupan dan kesejahteraan mereka tentu harus di perhatikan. Pemerintah dan para pengusaha harus mampu menjalin kerja sama yang sinergis dalam masalah kesejahteraan buruh.

Pajak yang tinggi dan birokrasi yang rumit bagi para pengusaha harus segera di kurangi. Bagaimana para pengusaha bisa menaikan gaji atau menaikan kesejahteraan para buruh jika keuntungan dari usaha mereka sebagian harus masuk kedalam pajak yang tinggi. Tentu pemerintah juga tidak ingin kehilangan pendapatan negara dari sektor industri yang di miliki para pengusaha. Dalam hal ini, inti permasalahnnya adalah bukan di para buruh akan tetapi bagaimana pengusaha dan pemerintah mampu bekerja sama.

 

 

 

Kami adalah perusahaan jasa perikalnan online terbesar ketiga di dunia. Bergabunglah bersama kami, Dan nikamtilah kehidupan yang layak, seperti kehidupan masyarakat di negara-negara maju lainnya. Uptopromo untuk anda yang mau bekerja dari tempat anda duduk sekarang.