Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Panjenengan punya usaha atau unit bisnis, Monggo saya kasih space untuk berbagi iklan. Tidak ada tarip, Hanya ngisi kotak infaq aja, itupun sa ikhlase mawon. Jika Infaq jenengan kami rasa lebih, Insyaallah akan kita bantu dengan Facebook Adds. Jika infaq panjenengan kami rasa sangat banyak Insyaallah usaha panjenengan akan kami bantu dengan google adds.Hubungi nomer HP Kulo. 088216084858, Sampun saget WA. Matursuwun. Wasalamualaikum.

5 daerah pecandu kopi di Indonesia

LIMA DAERAH PECANDU KOPI DI INDONESIA

Kenapa Indonesia mampu menjadi penghasil kopi nomer tiga terbesar di dunia? tentu banyak jawaban untuk pertanyaan ini, jawabannya karena menanam kopi sangat menjanjikan, karena harga kopi di dunia selalu naik, karena tanah Indonesia begitu subur sehingga kopi dari jenis apa saja bisa tumbuh di indonesaia.

Semua jawaban di atas adalah benar, namun ada satu jawaban yang tidak bisa kita abaikan yaitu karena penduduknya merupakan pecandu kopi terbesar di dunia. Jika sudah kecanduan dia akan berusaha menemukan kopi tersebut walau bagaimana caranya yang penting secangkir kopi tersebut dapat dia temukan. Ada lima  daerah pecandu kopi di Indonesia  versi kopisiana.com, tentu lima daerah tersebut adalah daerah-daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Mari kita lihat daerah mana saja yang tergila-gila akan kopi ini. Kita mulai dari pulau sumatera

NAD (Nangroe Aceh Darussalam)

Tidak berlebihan kiranya jika Aceh merupakan daerah penggila akan minuman kopi ini, karena hampir di seluruh kabupaten dan pelosok daerah ini kedai-kedai kopi lebih banyak di banding rumah makan atau restoran. Juga tidak mengherankan jika ribuan ton kopi di hasilkan dari daerah ini setiap tahunnya. Kopi yang terkenal dari daerah ini adalah Kopi gayo, Kopi dari jenis ini pasarnya menembus Eropa dan amerika dengan harga yang begitu tinggi. Di pasaran lokal kopi gayo di bandrol Rp. 300.000 per kilogramnya. Daerah ini juga sangat terkenal dengan cara penyajian kopinya salah satu yang terkenal adalah copi tarik, dimana penyajian secangkir kopi melalui penyaringan yang unik.

 Sumatera Utara  (mandheling toba dan Siperok)

 Daerah berikutnya yang masuk dalam 5 besar daerah pecandu kopi di Indonesia adalah Sumatera utara. Sebagaiman Aceh, Sumatera utara juga sebagian penduduknya adalah para pecandu kopi. Kopi di daerah ini seolah telah menjadi minuman wajib bagi para pria dewasa.

Karena para penduduknya begitu menyukai kopi maka tidak heran dari daerah ini muncul kopi-kopi terkenal seperti kopi mandheling toba dan mandeling siperok. Selain terkenal di Indonesia kopi ini juga terkenal di dunia.

  •  Lampung (Tanggamus)



Daerah berikutnya yang masuk dalam 5 daerah pecandu kopi di indonesia adalah lampung. Yang paling menonjol adalah kabupaten tanggamus. Sebetulnya daerah tetangga seperti Jambi dan sumatera selatan juga merupakan para pecandu kopi akan tetapi tidak semasiv dari lampung.

Para pecandu kopi dari lampung ini bisa kita amati dari besarnya kopi yang di hasilkan dari daerah ini di perkirakan lampung memasok 35% kopi nasional. Walaupun begitu para pecandu kopi dari lampung ini adalah para pecandu kopi konvensional dari segi kwantitas. Lampung keluar sebagai pemenang dalam hal produksi kopi, namun dari segi kwalitas kopi lampung masih di bawah Sumatera utara. Ini sangat masuk akal karena para pecandu kopi lampung tidak begitu suka dengan rekayasa dan coba-coba dalam hal minum kopi. Kopi hitam kasih gula sedikit lalu di seduh itu sudah cukup nikmat bagi para pecandu kopi asal lampung ini.

 JAWA BARAT (Daerah priangan)

Daerah pecandu kopi yang paling boros minum kopi di Indonesia adalah jawa barat terutama daerah priangan (Bandung, tasik,ciamis dan garut). Kopi di sini sudah merupakan minuman wajib. Tua muda laki-laki perempuan adalah para penggila kopi. Setiap pagi siang, sore dan malam hari. Di gang-gang sempit atau di pangkalan-pangkalan ojek  kopi selalu bisa dengan mudah kita temukan.Jika di daerah lain kopi di sajikan hanya di kedai-kedai kopi saja,  di jawa barat kopi di sajikan hampir di semua warung. Tidak ada satupun acara di jawa barat yang tidak di sertai minum kopi. Bahkan sebuah sesaji yang di peruntukan untuk karuhun (leluhur) harus di lengkapi segelas kopi hitam pahit. Karena kecanduan nya terhadap kopi maka Kopi yang paling terkenal dari wilayah ini terkenal dengan kopi Preanger (Priangan).

 JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR

Daerah berikutnya adalah jawa tengah dan jawa timur, dua daerah ini juga merupakan penduduk terbanyak dalam kontribusi meminum kopi. Sebagaimana jawa barat daerah ini  memiliki tradisi minum kopi yang turun temurun. Bahkan di Yogyakarta terjadi sebuah asimilasi budaya minum kopi dimana Kopi-kopi dan cara penyajian kopi dari berbagai daerah di indonesia bertemu di sini. Dan menghasilkan style atau gaya minum kopi baru. Tentu bukan hanya lima daerah pecandu kopi di Indonesia di atas saja yang paling banyak pecinta dan penikmat kopi, pada dasarnya penduduk indonesia adalah para pecandu kopi. Jadi seandainya harga kopi dunia anjlok kopi produksi Indonesia bisa di pasarkan di dalam negeri karena para penduduknya suka minum kopi.

 

 

 

Be the first to comment on "5 daerah pecandu kopi di Indonesia"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Kami adalah perusahaan jasa perikalnan online terbesar ketiga di dunia. Bergabunglah bersama kami, Dan nikamtilah kehidupan yang layak, seperti kehidupan masyarakat di negara-negara maju lainnya. Uptopromo untuk anda yang mau bekerja dari tempat anda duduk sekarang.